Mengenal Lebih Jauh tentang Cocomesh (Bag 2)

Sabut geotekstile2

Melanjutkan tulisan tentang mengenal Cocomesh pada bagian 1, pada kesempatan kali ini saya akan membuka lebih jauh apa dan bagaimana cocomesh dari tali sabut kelapa ini menjadi bahan yang sangat bermanfaat.

Tali sabut atau dalam istilah jawa “tampar” atau tali tampar dengan berbagai kepadatan & ketebalan yang dianyam menjadi Cocomesh / Coir Geotextile telah terbukti sukses sebagai agen stabilisasi permukaan lereng (slope stabilization) sebelum revegatasi. Selain itu juga berfungsi untuk soil bioengineering (Teknik Rekayasa tanah), pengendali erosi, penguatan tanah dan lainnya.

Coir Geotekstil memiliki kekuatan tarik yang sangat tinggi, mampu menyerap air, dan memecah permukaan tanah menjadi gembur. Selain itu juga mempromosikan vegetasi baru dengan menyerap air dan mencegah humus menjadi kering. Coir Geotekstil menyerap radiasi matahari seperti tanah alam sebagai bahan geosintetis. Juga memberikan dukungan kepada tanah yang baik sampai 5 tahun sehingga cukup untuk vegetasi alam dapat tumbuh dan mengambil alihnya. Bahkan sabut geotekstil ini dapat diandalkan untuk sebagai tanggul di lereng dengan sedikit atau tanpa vegetasi. Aplikasi lain adalah untuk pelapis lereng ski yang digunakan untuk memperkuat dasar course water/kursus air. Penurunan/degradasi nilai dari sabut sangat lambat dibawah air, dan biasanya mikroorganisme perusak berjalan dengan lambat.

Sabut Geotekstil sangat rendah biaya, setelah tujuan pemasangan tercapai, sabut ini tidak perlu dilepas/dihilangkan layaknya geotekstil sintetis, karena sifatnya yang ramah lingkungan dan bio-degradable. Sabut hancur hanya meninggalkan humus. Saat ini sabut geotekstil memiliki permintaan dunia yang sangat tinggi, dari negara yang sadar akan ekologi alam.

Beberapa aplikasp1i dan fungsi Coir Geotekstil

  1. Stabilisasi tanah lereng berfungsi untuk penguatan dan pengendalian erosi
  2. Penguatan dinding tanah berfungsi untuk penguatan dan drainase
  3. Stabilisasi jalan berfungsi untuk filtrasi, drainase, pemisahan, penguatan dan penyekapan
  4. Jalan rel, alur stabilisasi berfungsi untuk filtrasi, pemisahan, penguatan kurungan
  5. Tanggul pada tanah lunak, berfungsi untuk filtrasi, pemisahan, penguatan dan pengendalian erosi
  6. Land fill berfungsi untuk filtrasi, drainase, pemisahan, perlindungan,  dan pengkapsulan
  7. Kontrol erosi lereng berfungsi untuk pengendalian erosi dan penyekapan
  8. Lahan reklamasi berfungsi untuk filtrasi, pemisahan dan penguatan
  9. Penguatan tanggul sungai berfungsi untuk iltrasi, pemisahan dan pengendalian erosi

Dari aplikasi dan fungsi diatas, terlihat bahwa ada perbedaan yang besar antara fungsi dan aplikasi. Hal ini berbagai fungsinya dapat dipenuhi sebagian besar oleh sabut geotekstil/coir geotextiles.

Beberapa fungsi lain dari penggunaan sabut geotekstile yang terbukti efektif dan efisien biaya, antara lain:

  1. Penyembuhan erosi
  2. sub-base layer di trotoar jalan
  3. drainase
  4. masalah kestabilan lereng
  5. stabilisasi rel kereta api

Bersambung…

Sumber : http://www.keracoir.com

Untuk Konsultasi dan Pemesanan, Hub : RumahSabut Co. Jl. Gedongkuning Selatan 202 Yogyakarta. Cp. 081328042283. email : mansur_mash@yahoo.com